Roemah Kaktus– Sobat Roemah Kaktus akhir-akhir ini kita sering disibukan dengan berbagai berita Hoax, tentu keadaan ini membuat kita tidak nyaman solanya segala sesuatu yang Hoax itu berakibat ketidak fokusan pada aktivitas kita . Nah oleh karena itu Sobat Roemah Kaktus kita perlu tau apa aja si cara supaya bisa fokus pada aktivitas kita tanpa terpengaruh oleh kesibukan Hoax. Ok langsung aja, “3 Cara Memfokuskan Diri”

1. Identifikasi 

Seperti layaknya kepolisian ya Sobat Roemah Kaktus kita harus  menganalogikan diri kita seperti seorang penembak jitu, dimana hanya bisa fokus mengarahkan senjatanya jika sudah mengetahui target yang akan ditembak. Maksud dari analogi itu adalah kita akan bisa fokus jika sudah jelas apa yang akan difokuskan. Selanjutnya baru kita identifikasi hal apa aja yang harus dilakukan sesuai dengan perasaan yang ada dalam diri kita Sobat Roemah Kaktus, karena persaaan itu identik dengan suara kejujuran yang ada dalam diri kita, makanya supaya tidak hilang dalam ingatan kita semua, perasaan itu dituliskan saja Sobat Roemah Kaktus.

Setelah semua dituliskan, Sobat Roemah Kaktus juga perlu mengandalkan pikiran dan arsip maksudnya  diingat dan disimpan agar semua yang sudah dituliskan tadi Sobat Roemah Kaktus tidak lupa lagi dan mencegah kembali ketidak fokusannya. Tentu tidak rumit kan, iya tidak rumit karena semua dilakukan berbarengan dengan rutinitas kita sehari-hari, dan akhirnya ini menjadi arena perubahan diri kita untuk menjadi lebih teratur dalam beraktivitas.

2. Keputusan 

Ibarat hakim Sobat Roemah Kaktus harus bisa memutuskan mana yang salah dan mana yang benar, mana yang awal dikerjakan dan mana yang harus diakhirkan. Pasti ini hal yang sangat sulit untuk kita lakukan karena belum tau apa yang sudah diputuskan itu belum tentu benar dan belum tentu sesuai baik susunan dan caranya.

Namun ternyata itu semua tidak terasa sulit jika Sobat Roemah Kaktus mulai membaca kembali semua yang sudah dituliskan dan disimpan. setelah semuanya dibaca barulah Sobat Roemah Kaktus memilih dan memilah mana aktivitas yang harus kita lakukan sekarang juga, yang harus dilakukan segera, yang ditunda atau dijadwalkan, yang dihapus atau dibatalkan serta tandai juga aktivitas apa yang bukan menjadi bagian tanggung jawab kita untuk dijadikan referensi.

Ingat juga Sobat Roemah Kaktus saat kita memeriksa dan mengambil keputusan, jangan lupa untuk bertanya, apakah aktivitas ini memberikan dampak yang besar bagi kita? memberikan manfaat atau tidak?  dan apa jadinya jika aktivitas ini dibatalkan? serta kapan waktu yang tepat untuk mengerjakannya.

Tapi Jangan khawatir jika Sobat Roemah Kaktus bingung dalam mengambil keputusan, dimana membuat kita bingung, maka disitu kita berhenti dulu. Seperti lari kalau sudah cape ya berhenti dulu.  Kemudian tenangkan diri kita Sobat Roemah Kaktus, lalu isi kesendirian itu dengan membaca al Quran, Solat, dzikir, bermain dengan keluarga, dan hal-hal lain yang membuat kita rileks. Setelah itu coba lihat kembali daftar aktivitas Sobat Roemah Kaktus. Analisa kembali sampai kita mampu memutuskan.

Kalau masih bingung baru kemudian, gunakan jurus jitu yaitu feeling. itupun jika Sobat Roemah Kaktus sudah menjadikan visi dan misi adalah bagian dari hidup kita, maka feeling akan mengarahkan aktivitas ke arah yang sesuai dengan visi kita Sobat Roemah Kaktus. Jika masih ragu juga terhadap suatu aktivitasnya, jurus terkahir yaitu  masukan saja ke dalam kategori “ditunda”, percaya inilah cara fokus Sobat Roemah Kaktus untuk menyelesaikannya.

Dikarenakan keputusan merupakan langkah terpenting maka Sobat Roemah Kaktus HARUS bisa mengambil keputusan tersebut, jika tidak kita tidak akan pernah fokus. Jangan takut salah, lebih baik ambil keputusan kemudian salah, daripada tidak pernah salah tapi tidak pernah mengambil keputusan.

3. Klasifikasi

Ibarat barang Sobat Roemah Kaktus harus bisa menyusun dan mengelompokkannya menjadi bagian yang rapi dan mudah untuk dijangkau, seperti slogan Sigap, Cepat dan Akurat. Susun dan kelompokkan aktivitas mana yang harus dilakukan sekarang, segera, terjadwal, ditunda. Fokuslah pada aktivitas sekarang, ambil tindakan cepat untuk menyelesaikannya, lupakan aktivitas lain, Sobat Roemah Kaktus tidak perlu khawatir dengan aktivitas lain sebab sudah kita sudah simpan pada sebuah sistem “di luar” kepala Sobat Roemah Kaktus.

Inilah 3 cara untuk bisa fokus Sobat Roemah Kaktus, dimana kita hanya perlu memikirkan yang memang perlu dipikirkan. Review kembali daftar yang sudah ditulis dan disimpan setidaknya seminggu sekali karena pasti banyak mengalami perubahan. Ambil lagi keputusan mana yang akan menjadi fokus. Lakukan terus menerus. dengan cara ini insyallah ampuh! dan sampai pada akhirnya dengan cara ini pula Sobat Roemah Kaktus sudah bisa lebih produktif. Aminnn,,,! Semoga Manfaat Ya Sobat Roemah Kaktus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *